Minggu, 20 April 2014

No 1 & 2


SOSIOLOGI
Sosiologi dari bahasa latin yaitu socius “kawan” & logos “ilmu pengetahuan”. Menurut soiologi, manusia merupakan individu yang membutuhkan orang lain/makhluk sosial. Contohnya adalah ketika manusia baru lahir ia membutuhkan bantuan orang lain untuk bertahan hidup, Seperti lembaga RT atau RW karena itusudah menyangkut masyarakat banyak dan hubungan antar individunya.

Dalam sosiologi manusia hidup dan tinggal di tengah masyarakat yang memiliki hubungan, kepentingan bersama dan memiliki budaya

Tokoh Sosiologi :
  1.  Auguste Marie Francois Xavier Comet
  2.  Emile Durkheim
  3.  Karl Max
  4.  Max Weber

Ada beberapa objek sosiologi yaitu :

  • Objek Material

Kehidupan sosial, gejal-gejala dan proses hubungan antara manusia yang mempengaruhi kesatuan manusia itu sendiri.

  •   Objek Formal

Manusia sebagai objek sosial/masyarakat

  •  Budaya

Budaya dan memengaruhi hubungan satu sama lain

  •  Agama

Memicu dalam hubungan sosial masyarakat

Kegunaan Sosiologi :
  1. Sebagai solusi masalah sosial
  2. Sebagai bahan perencanaan dan pembangunan sosial
  3. Sebagai bahan pembuatan keputusan



ANTROPOLOGI

Antropologi berasal dari bahasa yunani antropos “Manusia” atau “Orang” dan logos “Wancana”. Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman. 

Tokoh Antropologi :
  1. Franz Boas
  2. Margaret Mead
  3. Ruth Benedict
  4. Ralph Liton
  5. Claude levi-strauss


Objek dari antropologi adalah manusia didalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan perilakunya. Contoh aplikasi antropologi pada manusia misalnya contoh beberapa ciri biologis yang sama memungkinkan mereka menciptakan dan mendapatkan kebudayaan, jika bertemu dengan orang yang lebih tua kita harus salim karna sudah menjadi kebiasaannya.

Filsafat Manusia

Pengertian filsafat berasal dari bahasa yunani kuno, yaitu kata “Philos” anta dan “ Shopia” kebijaksanaan artinya cinta yang sangat mendalam terhdap kebijaksanaan.

Tokoh Filsafat Manusia :

  1. Sokrater
  2. Pluto
  3. Soren Kierkegaard
  4.  Jean Paul Sartre


Filsafat manusia adalah cabang filsafat yang secara khusus merefleksikan hakekat/ eksitensi dari manusia/ disebut antropologi filosofi.
Objek material filsafat manusia mempunyai objek yang sejajar dengan gejala manusia dan bertujuan untuk interpretasi, memahami gejala pada manusia.
Objek formal, filsafat manusia yang membahas sedikit berbeda dengan material melalui observasi & eksperimental.


Psikologi

Psikologi berasal dari bahasa yunani kuno psyche “jiwa” dan logia “ilmu”, jadi ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Dalam psikologi membahas lebih dalam mengenai perilaku manusia. Contoh perilaku yang dapat diamati yaitu meneliti anak yang hyperactive dan mempelajari motivasi yang tidak tampak secara langsung.

Tokoh Psikologi:
  1.  Erik Erikson
  2. Jean Piaget
  3. Sigmund Freud
  4. Carl Gustav Jung


Ada beberapa Objek di psikologi :

  • Objek Material

Kerohanian, ide-ide dan nilai-nila

  • Objek Formal

Segi tingkah laku manusia, objek tersebut bersifat empiris/ nyata dan dapat diobservasi. Caranya melihat gerak gerik seseorang bagaimana ia melakukan sesuatu dan melihat dari matanya.

Perspektif yang ada di dalam sosiologi :

  1. Perspektif Evalusion

Evolusi dapat diartikan sebagai perubahan sehingga jika di kaitkan dengan sosiologi maka perubahan yang di maksud menetik beratkan pada pola perubahan masyarakat dalam kehidupannya.
Tokohnya Aguste Comte (1798-17-57) dan Herbest Spencer (1820-1903). Perspektif ini masyarakat sebagai suatu organisme yang mengalami proses diverensiasi dan integrasi secara berurutan.
Contoh :

-          Asal usul dari masyarakat maju sekarang
-          Tingkat perubahan sosial
-          Kemana arah perubahan sosial yang akan terjadi


2. Perspektif Interaksionir
Bagi perspektif ini orang sebagai makhluk hidup di yakini mempunyai perasaan dan pikiran. Contoh manusia dengan menggunakan symbol, tanda, kata, dan isyarat lewat tulisan atau lisan.

3. Perspektif Fungsionalis
Suatu Jaringan kelompok yang berkerja sama secara teoriganisasi dan teratur, serta memiliki seperangkat aturan dan nilai yang di anut sebagian besar anggota masyarakat tersebut. Contohnya mengamati keteraturan dan stabilitas dalam masyarakat.
 4. Perspektif Konflik
Menjelaskan bahwa masyarakat selalu dalam keadaan konflik terus menerus, baik antara individu maupun kelompok.
 Tokohnya :
-          Karl Max
-          Hegel
-          Lewels Coser
-          Frenderich Engles
Contohnya adalah Pertentangan yang terjadi antara para  Penjudi dan pemabuk dengan para ulama, orang yang kaya memaksa orang yang miskin utuk menghormati dan mematuhinya.














1 komentar:

  1. Ayu, jawabanmu tolong dilengkapi jangan terlalu singkat ya, meskipun pada dasarnya sudah baik. trima kasih.

    BalasHapus