Sabtu, 08 Maret 2014

Apa itu Budaya

Apa itu BUDAYA?

  • Budaya Menurut E.B. Taylor
Budaya adalah : Suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
  • Budaya Menurut Linton
Budaya adalah : Keseluruhan dari pengetahuan, sikap dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota suatu masyarakat tertentu.
  • Budaya Menurut Kluckhohn dan Kelly
Budaya adalah Semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang eksplisit maupun implisit, rasional, irasional, yang ada pada suatu waktu, sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

   Budaya adalah sebuah warisan sosial mengandung arti bahwa budaya adalah pemberian suatu hasil akumulasi berbagai macam interaksi tatanan sosial dimasa lalu kepada generasi setelahnya untuk kemudian berulang seperti sebuah siklus. Siklus itu hanya akan terputus jika budaya (warisan) itu tidak lagi diulang oleh generasi selanjutnya. Jadi artinya budaya akan terus menjadi sebuah warisan, jika masyarakat (faktor sosial) terus menggunakannya sebagai bagian dari keterinteraksian antar mereka.
Budaya adalah sebuah warisan sosial juga adalah segala sesuatu yang tercipta atau dilakukan oleh sekumpulan individu disuatu tempat tertentu di masa lalu dan kemudian melalui waktu hingga sampai di masa selanjutnya. Pemberian itu kemudian diulang sebagai sebuah tradisi yang sebagian berasal dari warisan masa lalu oleh generasi sekarang.
Sebagai contoh adalah bagaimana dulu tarian adat daerah provinsi Lampung itu hanya bisa dilihat diacara tertentu seperti acara adat, acara pernikahan, atau acara besar penyambutan tamu agung dan biasanya dimainkan oleh masyarakat pribumi. Namun seiring dengan upaya pelestarian warisan budaya, kini banyak berdiri sanggar-sanggar maupun komunitas tari Lampung. Tarian Lampung kini bisa dilihat diacara-acara yang lebih umum seperti pameran kebudayaan atau acara anak-anak muda Lampung (Salah satunya di tempat saya tinggal, yaitu Asrama Mahasiswa Lampung Bandung) atau dijadikan program kebudayaan oleh Pemerintah Daerah Lampung.


 




Pada abad kedua puluh, "budaya" muncul sebagai konsep pusat antropologi, meliputi semua fenomena manusia yang tidak murni hasil dari genetika manusia. Secara khusus, "budaya" dalam antropologi Amerika memiliki dua makna: (1) kemampuan manusia berevolusi untuk mengklasifikasikan dan mewakili pengalaman dengan simbol, dan untuk bertindak secara imajinatif dan kreatif, dan (2) yang berbeda cara-cara orang yang tinggal di berbagai belahan dunia diklasifikasikan dan mewakili pengalaman mereka, dan bertindak kreatif. Setelah Perang Dunia II, istilah menjadi penting, meskipun dengan makna yang berbeda, dalam disiplin lain seperti kajian budaya, psikologi organisasi dan studi manajemen
Modern awal wacana


Budaya Mentawai


2. http://www.lintasberita.web.id/
3. Sosiologi kelas XI, Puji Taharjo, tahun 2009, Juni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar