Senin, 05 Mei 2014

Hasil Wawancara Kelompok 2

Perkotaan

Kota menurut saya adalah tempat pemukiman yang padat, penuh dengan kesibukkan masyarakat. Definisis klasik kota menurut Rapoport dalam Zahnd (1999; 4) adalah suatu permukiman yang relatif besar, padat dan permanen, terdiri dari kelompok individu-individu yang heterogen dari segi sosial. Dari definisi di atas, permukiman/kota digambarkan sebagai objek yang mempunyai elemen-elemen (aspek sosial) yang mempengaruhi kegiatan yang ada dan mungkin ada pada pembangunan selanjutnya.

1.1 Bunderan HI

Kriteria kawasan perkotaan meliputi:
  • Memiliki karakteristik kegiatan utama budidaya bukan pertanian atau mata pencaharian penduduknya terutama di bidang industri, perdagangan dan jasa;
  • Memiliki karakteristik sebagai pemusatan dan distribusi pelayanan barang dan jasa didukung prasarana dan sarana termasuk pergantian moda transportasi dengan pelayanan skala kabupaten atau beberapa kecamatan.
Dalam perkotaan sering kali kita melihat beberapa masalah yang memang sulit diselesaikanLalu kelompok kami melakukan wawancara yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi perkotaan terutama Jakarta dan siapakah yang pantas untuk dijadikan pemimpin untuk menyelesaikan masalah ini.

Kami membuat beberapa pertanyaan:
  • Sebutkan apa saja masalah yang terjadi di kota Jakarta?
  • Menurut anda, bagaimana peran pemerintah seharusnya dalam menangani masalah di kota ini?
  • Menurut anda, siapakah yang pantas untuk dijadikan seorang pemimpin yang baik dalam menangani masalah ini?
Kita memiliki dua responden dalam hal ini. Dan memang permasalahan yang sering terjadi adalah banjir dan macet. Begitu juga dengan jawaban mereka. Jika dilihat memang sudah lama masalah ini melanda kota metropolitan seperti Jakarta. Dan tidak pernah berhasil untuk diselesaikan. 



1.2 Banjir di HI


1.3 Macetnya Perkotaan

Untuk pertanyaan yang kedua, responden pertama menjawab agar pemerintah lebih memerhatikan masyarakat dan untuk para masyarakat harus bisa menjaga kondisi lingkungan dengan lebih memiliki kesadaran akan pentingnya lingkungan alam. Responden kedua menjawab agar menambah jalur perjalanan dan melebar jalan agar tidak menimbulkan kemacetan. 
Untuk pertanyaan ketiga, para responden memiliki jawaban yang berbeda tentang pemimpin yang layak. Responden pertama memilih Prabowo sebagai pemimpin yang layak. Menurutnya, Prabowo adalah sosok yang tegas, disiplin, pintar, dan bijaksana.


1.4 Prabowo

Responden kedua memilih Joko Widodo alias Jokowi. Bagi dia, Jokowi sangat pantas karena sudah terbukti dengan hasil kerja saat dia menjabat menjadi gubernur.






1.5 Jokowi


Pedesaan

Berasal dari kata desa. Pedesaan adalah pemukiman yang tingkat permukimannya rendah. Yang dimaksud desa menurut Sutardjo Kartohadikusuma mengemukakan sebagai berikut:
"desa adalah suatu kesatuan hukum di mana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerintahan sendiri."
Menurut Bintarto desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi, social, ekonomi, politik dan kultural yang terdapat di situ (suatu daerah) dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal-balik dengan daerah lain.



1.6 Desa

Dalam topik ini saya juga mengulas tentang masalah apa saja yang terjadi, bagaimana cara menangani, dan siapa pemimpin yang layak.
Beberapa pertanyaan yang diajukan:
  • Apa saja kekurangan atau problem yang ada di desa?
  • Bagaimana cara mengatasinya, tentunya dengan bantuan pemerintah?
  • Siapa pemimpin yang dapat menanggulangi masalah tersebut?
Untuk yg pertama, responden menjawab kalau di desa masih kurang lapangan kerja, hiburan untuk para warga, dan pelayanan kesehatan. Yang paling disesalkan adalah masih banyaknya pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit. Padahal di luar sana banyak sekali saudara kita yang sedang sakit.
Pertanyaan yang kedua, untuk masalah lapangan pekerjaan responden menjawab kalau masyarakat juga harus memiliki kesadaran dan berusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Untuk masalah pelayanan kesehatan, pemerintah pusat begitu juga daerah harus bersatu mendirikan layanan kesehatan demi kesejahteraan warga.
Pertanyaan ketiga tentang pemimpin, responden tidak menjawab siapa yang pantas tetapi pemimpin itu haruslah bijaksana, jujur, tidak mementingkan kelasnya, dan mendengarkan keluhan masyarakat.

Pendidikan

Pendidikan adalah hal penting untuk menunjang masa depan yang cerah. Tanpa pendidikan yang layak, seseorang akan sulit untuk meraih apa yang ia inginkan di dunia ini. Dalam topik ini saya membahas masalah pendidikan yang masih terjadi, bagaimana mengatasinya, dan seperti topik sebelumnya siapakah pemimpin yang pantas dalam menangani masalah ini.

Kita punya beberapa pertanyaan:
  • Apa saja masalah yang masih terjadi dalam dunia pendidikan?
  • Bagaimana cara mengatasinya?
  • Siapakah pemimpin yang pantas untuk mengatasi hal tersebut?
Jawaban yang pertama, responden menjawab masalahnya pada kurikulum dan biaya yang terlalu mahal. Benar juga, masih ada beberapa sekolah yang menggunakan biaya yg cukup mahal.
Yang kedua, responden menjawab agar pemerintah dan badan yang mengatur tentang pendidikan untuk merevisi kurikulum dengan memantapkan perkembangan budaya bangsa. Mengembangkan wajib belajar 12 tahun dengan biaya negara, menghapus pajak buku pelajaran.
Yang ketiga, responden memilih prabowo. Karena beliau sangat tegas dalam menjalani tugasnya, dan ia memiliki misi dan visi yang bagus.

EKONOMI

Ekonomi merupakan satu hal yang berhubungan dengan aktivitas produksi, distribusi, konsumsi terhadap suatu barang. Dan ekonomi selalu berkaitan dengan uang. Dan ekonomi juga tidak luput dari yang namanya masalah-masalah.
Kami ingin mewawancarai pendapat mereka tentang masalah ekonomi yang terjadi di Indonesia terutama Jakarta.
Beberapa pertanyaannya:
  • Apa masalah ekonomi yang terjadi saat ini dan bagimana cara mengatasinya?
  • Kira-kira siapa pemimpin yang cocok untuk mengatasi masalah ini? 
Kita mendapatkan dua responden. Untuk soal pertama, responden 1 menjawab masalahnya adalah harga bahan pokok masih tinggi dan tidak seimbang dengan pemasukkannya. Cara mengatasinya pemerintah harus lebih bijak lagi dalam bertindak karena tidak semua warga mempunyai pemasukkan yang besar. Responden 2 menjawab inflasi yang terus menerus meningkat inilah masalah dalam ekonomi. Mengatasinya dengan cara pemerintah menggunakan haknya untuk mencegah terjadinya kenaikan harga atau inflasi ini. Jika jumlah permintaan naik, pemerintah juga dapat melakukan banyak hal untuk mencukupi kenaikan permintaan ini.
Untuk soal kedua, responden 1 memilih Pak Jokowi. Karena beliau jujur dalam mengambil keputusan dan selalu membuahkan hasil yang bagus. Responden 2 memilih Gita wirjawan karena dia adalah menteri perdagangan dan dia memiliki kemampuan dalam menangani masalah inflasi ini.


1.7 Gita Wirjawan

Kesimpulan yang bisa kami ambil dari wawancara ini bahwa siapa pun pemimpinnya, bagaimana latar belakangnnya. Jika dia memang terpilih, maka dia harus bertanggung jawab atas misi dan visi yang diberikan. Berpikir seperti pemimpin dan bertindak seperti pemimpin, bila ingin dianggap sebagai pemimpin.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar